NEWS
DETAILS
Senin, 21 Nov 2016 14:26 - Verza Malang

Masih di daerah Jawa Timur, Banyak sekali tempat tempat indah di Indonesai ini yang masih belum banyak diketahui, di Jawa Timur sendiri banyak sekali menyimpan tempat tempat yang memiliki keindahan alam yang memukau. Salah satunya adalah kota Lumajang Jawa Timur, di Lumajang sendiri ada beberapa tempat tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. Selain banyak sekali wisata pegunungan, di Lumajang juga terdapat beberapa tempat wisata air terjun, seperti air terjun Tumpuk Sewu yang beberapa waktu lalu sempat saya ulas yang ada di pebatasan Lumajang dan Malang dan juga air terjun Kapas Biru yang mau kita bahas kali ini.

kps-br

air terjun kapas biru sabtu 19 nopember 2016

Ketinggian dari air terjun ini lebih dari 20 meter, ditambah lagi aliran air yang jatuh dari atas cukup deras dengan volume besar, jadi kamu harus hati hati saat berada di dekat air terjun, walaupun jalurnya yang cukup ekstrim, namun banyak juga lho wisatawan yang datang kesini saat hari libur dan weekend.

Air Terjun Kapas Biru ini terletak di Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang. Jawa Timur. Air terjun ini sudah cukup terkenal, jadi untuk kalian yang mau datang ke air terjun Kapas Biru tidak akan kesusahan untuk menemukan tempatnya, karena sudah banyak penunjuk jalan yang mengarah ke wisata air terjun Kapas Biru ini. Atau kalian juga bisa bertanya ke penduduk sekiatar yang sudah bayak mengetahui tentang air terjun yang satu ini.

img_20161119_070016_hdr-01

perjalanan yang tak akan membuat kita bosan

Jika kalian dari arah malang, untuk menuju Air Terjun Kapas Biru ini bisa melalui Malang mengikuti jalan yang mengarah ke Turen berlanjut ke arah Dampit lalu ke arah Pronojiwo. Setelah kalian sampai di Pronojiwo, kalian berlanjut ke arah kantor polisi Pronojiwo, tidak jauh dari polsek ini kalian akan menemukan jalan tikungan yang sudah di pasang penunjuk arah menuju ke air terjun Kapas Biru. Di sini kalian akan menemukan jalanan yang berbentuk cor, setelah itu tinggal mengikuti jalanan tersebut sampai mentok di ujung jalan. Perjalanan dari Malang membutuhkan waktu kurang lebih dua sampai tiga jam dengan menmpuh jalanan yang sudah mulus, jadi bisa dilalui kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Setelah kalian sampai di tempat parkir yang telah disediakan pengelola, kalian harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Medan yang dilalui cukup exstrem dengan melewati jalan setapak diantara rimbunya pepohonan. Jalananya yang terjal dan menurun membuat kalian harus berhati hati. turunan di sini sangat curam dengan kemiringan yang mencapai 40 sampai 45 derajat, bahkan ada yang harus menuruni tangga dengan kemiringan hampir 90 derajat.

img_20161119_063336_hdr-01

img_20161119_063635_hdr-01

Walaupun rute menuju ke air terjun ini susah dilewati, tapi semuanya akan terbayar setelah kalian sampai di air terjun Kapas Biru. Selain itu di sepanjang perjalanan kalian juga bisa menukmati hijaunya pepohonan yang ada di sekitar jalan menuju ke air terjun ini, yang menyuguhkan pamandangan yang begitu istimewa. kamipun sempat buta arah karena pagi itu (19 11 2016)  kami jadi satu satunya pengunjung ditempat ini, jalanan setapak yang kami lalui tertutup beberapa titik longsor. beruntung kami bertemu petani dan membantu kami mengarahkan perjalnan sampai air terjun.

img_20161119_072635_hdr-01

bertemu salah satu petani

Setelah sampai di persawahan yang hijau, suara gemuruh air terjun sudah mulai terdengan dari situ. tinggal berjalan beberapa meter dan kalian sampai di Air Terjun Kapas Biru. Dijamin setelah sampai di kawasan air terjun lelah dalam perjalanan akan seketika hilang dengan suguhan keindahan dari air terjun ini.

img_20161119_075531_hdr-01

Airnya yang jernih dan udara yang segar akan menambah keseruan di air terjun ini. Selain itu tempatnya yang sangat terjaga dan bersih akan membuat kalian betah berlama lama di air terjun ini. Di sini kalian bisa berenang atau sekedar menikmati keindahan alamnya sambil merasakan percikan percikan air yang berasal dari air terjun. Dan jika kalian beruntung kalian bisa bertemu pelangi dengan jarak yang sangat dekat.

img_20161119_075128_hdr-01

img_20161119_080011_hdr-01

pelangi di air terjun

Sedikit tips untuk kalian yang mau mengunjungi air terjun ini, disarankan untuk membawa bekal makanan atau minuman secukupnya, karena area air terjun yang berada di alam bebas jadi masih belum ada tempat yang menyediakan makan atu minuman di kawasan air terjun. dan jangan lupa pastinya harus membawa kantong plastik guna membawa kembali sampah agar tidak menimbulkan kotoran tempat ini. Bagaimana kalian berminat menikmati keindahan dari Air Terjun Kapas Biru Lumajang Jawa Timur ini?

Pewarta : Armand

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK